Sumedang, satubangsa.net – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul ‘Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ‘Ulama (IPPNU) Kabupaten Sumedang melaksanakan Muharrik Kaderisasi di Aula PCNU Kabupaten Sumedang, Komplek Islamic Center, Sumedang pada Sabtu(08/05/21).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk pola fikir para instruktur dengan mengambil tema “Falsafah Mengukuhkan Ruh Ilmiah Mengukuhkan Karakter”.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi, Muchammad Ridwan menyampaikan bahwasannya Muharrik berasal dari kata Haraka yang berarti gerak. Muharrik diambil dari isim maf’ul yaitu penggerak.

Sedangkan Kaderisasi adalah inti regenerasi dari sebuah organisasi. Maka peran dari seorang Muharrik Kaderisasi sangatlah penting karena menjadi detak jantung organisasi. Tanpa kaderisasi organisasi akan mati. Hal ini disampaikan dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Muharrik Kaderisasi.

“Muharrik berasal dari kata Haraka yang berarti gerak. Muharrik diambil dari isim maf’ul yaitu penggerak. Sedangkan Kaderisasi adalah inti regenerasi dari sebuah organisasi. Maka peran dari seorang Muharrik Kaderisasi sangatlah penting karena menjadi detak jantung Organisasi. Tanpa Kaderisasi Organisasi akan mati”, Tegas Ridwan.

Ridwan menambahkan, Falsafah seorang Kader dan Instruktur yang berperan sebagai orang yang mengendalikan suatu pelatihan kaderisasi haruslah sama dan pemikirannya harus bersatu atau seiringan.

Karakter seorang Kader dan Instruktur juga haruslah kuat dengan didorong oleh ilmiah yang dimilikinya. Hal ini bertujuan untuk membantu Kader dan Instruktur agar dapat memaksimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap kader sehingga Kaderisasi Organisasi di daerahnya masing-masing terlaksana secara maksimal.

“Falsafah seorang Kader dan Instruktur yang berperan sebagai orang yang mengendalikan suatu pelatihan kaderisasi haruslah sama dan pemikirannya harus bersatu atau seiringan. Karakter seorang Kader dan Instruktur juga haruslah kuat dengan didorong oleh ilmiah yang dimilikinya. Hal ini bertujuan untuk membantu Kader dan Instruktur agar dapat memaksimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap kader sehingga Kaderisasi Organisasi di daerahnya masing-masing terlaksana secara maksimal”, Tandasnya.

Ridwan berharap, semoga kedepannya para Kader dan Instruktur yang mengikuti Muharrik Kaderisasi bisa mengaplikasikan kesatuan Falsafah, mengamalkan segenap ilmiah dan menangguhkan karakter kepada seluruh pelajar NU di Kabupaten Sumedang.

“Saya berharap semoga kedepannya para Kader dan Instruktur yang mengikuti Muharrik Kaderisasi bisa mengaplikasikan kesatuan Falsafah, mengamalkan segenap ilmiah dan menangguhkan karakter kepada seluruh pelajar NU di Kabupaten Sumedang”, pungkas Ridwan.

Kontributor: Zidan Nurfalah

Editor: Wandi Ruswannur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *